Pengaruh Filsafat Ilmu Dalam Profesi Pendidik

By 23.21



Pengaruh Filsafat Ilmu Dalam Profesi Pendidik




ABSTRAK
Filsafat ilmu merupakan bagian dari filsafat yang dapat menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu.filsafat ilmu mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu itu sendiri.dalam karya tulis ini membahas mengenai pengaruh filsafat ilmu dalam pendidikan sekolah dasar, karena pada hakikatnya untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal dalam dunia pendidikan terutama dalam pendidikan sekolah dasar pendidik dituntut untuk menjadi manusia yang bijaksana manusia yang dapat mengaplikasikan filsafat ilmu itu sendiri. Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi pada masalah-masalah yang lebih luas, lebih dalam serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan,dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan.






















PENDAHULUAN

Filsafat pendidikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan (Kneller,1971). Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi pada masalah-masalah yang lebih luas, lebih dalam serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan,dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan. Seorang pendidik baik sebagai pribadi maupun sebagai pelaksana pendidikan tentu perlu mengetahui filsafat pendidikan. Seorang guru perlu memahami dan tidak boleh buta terhadap filsafat pendidikan, karena tujuan pendidikan akan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup dan kehidupan individu dan masyarakat luas baik yang menyelenggarakan pendidikan maupun tidak. Tujuan pendidikan perlu dipahami  hubunganya dengan tujuan hidup. Pendidik sebagai pribadi memiliki tujuan tujuan hidup dan pendidik sebagai warga masyarakat pasti memiliki tujuan hidup dalam hidup bersama. Filsafat pendidikn harus mampu memberikan pedoman kepada para pendidik atau guru dan hal tersebut akan mewarnai sikap prilakunya dalam mengelola proses belajar mengajar. Selain itu pemhaman filsfat ilmu dalam pendidikan akan menjauhkan mereka dari perbuatan meraba-raba, mencoba0coba tanpa rencana dalam menyelesaikan masalah.

You Might Also Like

0 komentar