Pengaruh Filsafat Ilmu Dalam Profesi Pendidik
Pengaruh Filsafat Ilmu Dalam Profesi Pendidik
ABSTRAK
Filsafat ilmu merupakan bagian dari filsafat yang
dapat menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu.filsafat ilmu
mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu itu
sendiri.dalam karya tulis ini membahas mengenai pengaruh filsafat ilmu dalam
pendidikan sekolah dasar, karena pada hakikatnya untuk memperoleh hasil belajar
yang maksimal dalam dunia pendidikan terutama dalam pendidikan sekolah dasar
pendidik dituntut untuk menjadi manusia yang bijaksana manusia yang dapat
mengaplikasikan filsafat ilmu itu sendiri. Pendidikan membutuhkan filsafat
karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan
yang dibatasi pengalaman, tetapi pada masalah-masalah yang lebih luas, lebih
dalam serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta
pendidikan,dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan.
PENDAHULUAN
Filsafat
pendidikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan (Kneller,1971). Pendidikan
membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut
pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi pada masalah-masalah
yang lebih luas, lebih dalam serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi
pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan,dan tidak memungkinkan dapat dijangkau
oleh sains pendidikan. Seorang pendidik baik sebagai pribadi maupun sebagai
pelaksana pendidikan tentu perlu mengetahui filsafat pendidikan. Seorang guru
perlu memahami dan tidak boleh buta terhadap filsafat pendidikan, karena tujuan
pendidikan akan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup dan
kehidupan individu dan masyarakat luas baik yang menyelenggarakan pendidikan
maupun tidak. Tujuan pendidikan perlu dipahami
hubunganya dengan tujuan hidup. Pendidik sebagai pribadi memiliki tujuan
tujuan hidup dan pendidik sebagai warga masyarakat pasti memiliki tujuan hidup
dalam hidup bersama. Filsafat pendidikn harus mampu memberikan pedoman kepada
para pendidik atau guru dan hal tersebut akan mewarnai sikap prilakunya dalam
mengelola proses belajar mengajar. Selain itu pemhaman filsfat ilmu dalam
pendidikan akan menjauhkan mereka dari perbuatan meraba-raba, mencoba0coba
tanpa rencana dalam menyelesaikan masalah.
0 komentar