Pentingnya Pendidikan Sesuai dengan Perkembangan Alam
Pentingnya Pendidikan Sesuai dengan Perkembangan Alam
Dalam
aliran filsafat terdapat aliran filsafat naturalisme. Aliran naturalisme itu
sendiri merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan
realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam
arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, yaitu segala
sesuatu yang berhubungan dengan alam sekitar lingkungan tempat manusia
berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
Dimensi
utama dan pertama dari pemikiran aliran filsafat naturalisme di bidang pendidikan
adalah pentingnya
pendidikan itu sesuai dengan perkembangan alam. Manusia diciptakan
dan ditempatkan di atas semua makhluk, karena kemampuannya dalam berfikir.
Peserta didik harus dipersiapkan kepada dan untuk Tuhan. Untuk itu pendidikan
yang signifikan dengan pandangannya adalah pendidikan ketuhanan, budi pekerti dan intelek.
Pendidikan tidak hanya sebatas untuk menjadikan seseorang mau belajar,
melainkan juga untuk menjadikan seseorang lebih arif dan bijaksana.
Naturalisme
dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang
anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi penganut paham
naturalis perlu dimulai jauh hari sebelum proses pendidikan dilaksanakan.
Sekolah merupakan dasar utama dalam keberadaan aliran filsafat naturalisme
karena belajar merupakan sesuatu yang natural, oleh karena itu fakta bahwa hal
itu memerlukan pengajaran juga merupakan sesuatu yang natural juga. Paham
naturalisme memandang guru tidak mengajar subjek, melainkan mengajar murid.
Terdapat
lima tujuan pendidikan paham naturalisme yang sangat terkenal yang
diperkenalkan Herbert Spencer melalui esai-esainya yang terkenal berjudul
â€Å“Ilmu Pengetahuan Apa yang Paling Berharga?. Kelima tujuan itu adalah (1)
Pemeliharaan diri; (2) Mengamankan kebutuhan hidup; (3) Meningkatkan anak
didik; (4) Memelihara hubungan sosial dan politik; (5) Menikmati waktu luang.
Spencer juga menjelaskan tujuh prinsip dalam proses
pendidikan beraliran naturalisme, adalah (1) Pendidikan harus menyesuaikan diri
dengan alam; (2) Proses pendidikan harus menyenangkan bagi anak didik; (3)
Pendidikan harus berdasarkan spontanitas dari aktivitas anak; (4) Memperbanyak
ilmu pengetahuan merupakan bagian penting dalam pendidikan; (5) Pendidikan
dimaksudkan untuk membantu perkembangan fisik, sekaligus otak; (6) Praktik
mengajar adalah seni menunda; (7) Metode instruksi dalam mendidik menggunakan
cara induktif; (Hukuman dijatuhkan sebagai konsekuensi alam akibat melakukan
kesalahan. Kalaupun dilakukan hukuman, hal itu harus dilakukan secara simpatik
0 komentar